BlogArtikel AC

Semua Hal Tentang AC Inverter

Telah hadir teknologi AC terbaru, yaitu teknologi AC Inverter. Lantas, apakah teknologi inverter ini sudah menjadi teknologi terbaik untuk digunakan saat ini? Ketahuilah bahwa teknologi AC akan terus berinovasi, mencari solusi cara terbaik, termurah untuk diterapkan agar mendapatkan perangkat pendingin udara (AC) dengan efisiensi tinggi.

Tingginya konsumsi listrik pada AC, banyak membuat sebagian orang enggan menggunakan AC. Selain konsumsi listrik yang tinggi, Harga perangkat pendingin ini bukanlah murah bagi sebagian orang di Indonesia.

Disini kita akan membahas semua hal tentang teknologi AC Inverter ini. Apakah sudah harus digunakan untuk menggantikan teknologi yang lama, ataukah teknologi yang lama juga sebenarnya masih layak digunakan, karena perbedaannya masih belum signifikan dengan teknologi AC inverter.

Apa Yang Dimaksud Dengan AC Inverter

Ini adalah teknologi yang mengubah arus listrik bolak balik (AC) menjadi arus searah (DC) dalam perangkat pendingin AC. Ketika alat ini bekerja, akan menggunakan arus DC sehingga konsumsi listriknya akan lebih irit bila digunakan dalam jangka panjang.

Perbedaan AC Inverter dengan AC Biasa

Kalau dilihat dari segi fisik mungkin tidak akan kentara perbedaannya. Disini kita coba rangkum perbedaan yang mungkin paling mendasar diantara keduanya.

  • Seperti yang kita bahas di atas, AC inverter akan menggunakan arus searah (DC) ketika alat ini bekerja, sementara AC biasa akan tetap menggunakan arus bolak balik (AC).
  • Tarikan listrik awal pada AC inverter akan lebih besar dari AC biasa, karena pada AC inverter, mesin akan bekerja optimal untuk menggapai suhu yang diinginkan. Pada AC biasa untuk mencapai suhu yang diinginkan akan lebih lama.
  • Kompresor pada AC biasa akan mati bila suhu sudah tercapai, namun pada AC inverter kompresor tetap nyala dengan perlahan untuk tettap menjaga kestabilan suhu.
  • Pada AC biasa suara kompresor akan lebih bising terdengar.
  • Konsumsi AC inverter lebih hemat dibandingkan dengan AC biasa, karena dalam proses bekerjanya AC invereter menggunakan arus searah (DC)
  • Walaupun konsumsi listrik AC inverter lebih kecil, sayangnya daya yang dibutuhkan perangkat AC ini tergolong lebih besar dari AC biasa.

Apakah AC Inverter lebih mudah rusak?

Teknologi AC inverter yang menggunakan arus searah(DC) dan dengan kondisi kompresor yang stabil, tidak hidup/mati seperti pada kompresor AC biasa. Seharusnya dengan kondisi begini, AC inverter tidak akan mudah rusak dibandingkan dengan AC biasa.

Namun semuanya akan berpulang kembali pada perangkat yang digunakan. Setiap merk/type dari AC akan memiliki sepesifikasi dan fitur yang umumnya berbeda. Bisa berbeda dari bahan yang digunakan oleh produsen, dll.

Purna jual dari perangkat seperti garansi akan sangat membantu agar perangkat AC ini lebih awet dipakai. Begitupula dengan perawatan dari perangkat AC ini jangan sampai disepelekan.

Setiap perangkat elektronik akan memiliki panduan penggunaan, yang bertujuan agar pengguna dapat mengoperasikan perangkat tersebut dengan baik dan sempurna. Sebaiknya jangan abaikan juga buku panduan penggunaan AC ini.

Setiap produsen juga memiliki masa garansi tersendiri, menyesuaikan dengan material/bahan yang digunakan produsen masing-masing. Setelah melalui masa ujicoba produsen akan memberikan masa garansi tertentu.

Untuk daerah Bandung dan sekitarnya, Basis Tekno melayani jasa service AC untuk rumah, kantor, toko, dll. Silahkan kunjungi Service AC Bandung.

Keuntungan AC Inverter

Keuntungan dari AC inverter ini adalah

  • Dari segi konsumsi listrik akan lebih irit dalam pemakaian panjang.
  • Kompresor Tidak berisik, karena perputarannya yang stabil.
  • Suhu lebih stabil, karena perputaran kompresor tetap berjalan perlahan walau suhu sudah dicapai.

Kesimpulan

Apapun perangkat AC yang Anda gunakan, perawatannya adalah yang utama. Teknologi-teknologi terbaru akan terus muncul untuk memudahkan pengguna AC. Tetap selalu biaya yang akan menjadi faktor utama bagi sebagian kalangan. Menyesuaikan kebutuhan dengan dana yang tersedia adalah lebih bijak untuk dilakukan.

Perangkat AC tetap akan terus berinovasi dengan teknologi yang lebih canggih kedepannya. Setelah AC inverter, mungkin gak butuh waktu lama akan ada teknologi terbaru lainnya yang akan muncul. Setiap perusahaan elektronik pendingin udara ini akan terus berlomba-lomba mengembangkan perangkatnya menjadi yang terbaik di mata konsumen.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button