Sudah hal yang umum bila di kota-kota besar di Indonesia, di setiap rumah atau gedung akan dilengkapi perangkat pendingin ruangan yang biasa disebut dengan AC. Di daerah yang beriklim tropis seperti di Indonesia, suhu udara akan terasa panas saat di siang hari. Apalagi di kota-kota besar yang jumlah pepohonannya sangat sedikit, ditambah lagi dengan polusi dari kendaraan dan industri. Akan menambah panasnya suhu udara di siang hari.

Namun tahukah Anda, bahwa AC memiliki banyak jenisnya. Setiap jenis memiliki daya dan spesifikasi yang berbeda, dengan tujuan agar dapat memberikan suhu ruangan yang sejuk lebih cepat dan merata ke segala ruangan. AC untuk rumah akan berbeda dengan AC untuk ruangan yang luas seperti Mall ataupun perkantoran.

Setiap jenis dibuat untuk hal dan keadaan yang berbeda, agar dapat menyesuaikan lokasi ruangan, dan daya yang harus dipenuhi untuk mendinginkan ruangan tersebut.

Agar tidak salah dalam membeli AC, mari kita lihat berbagai macam jenis AC yang umum digunakan:

a. Jenis AC Split

AC split ini merupakan salah satu jenis AC yang umum digunakan, khususnya untuk rumah, apartment, atau ruangan-ruangan yang tidak terlalu luas. Jenis ini memiliki 2 komponen utama yaitu: perangkat Indoor, yang berfungsi untuk menghembuskan udara dingin ke ruangan, dan ini letaknya di dalam ruangan. ke-2 adalah perangkat outdoor yang berfungsi untuk menghembuskan udara panas keluar dari ruangan, dan ini diletakkan di luar ruangan.

ac
AC Jenis Split

Setelah tahu apa itu AC split, sekarang kita bahas apa saja keunggulan dan kekurangan dari AC split tersebut.

Keunggulan AC Jenis Split
  • Dibandingkan dengan jenis yang lain, jenis AC split adalah yang termurah
  • Cara merawat AC split tergolong lebih mudah, dan bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan tenaga ahli. Kalaupun harus diservice oleh tenaga ahli, biayanya juga masih tergolong murah.
  • Proses penurunan suhu ruangan tidak memakan waktu lama dibandingkan dengan jenis lainnya.
  • Banyak dijual dipasaran, mudah mendapatkannya baik secara online ataupun langsung ke toko elektronik terdekat.
  • Tingkat kebisingan yang rendah dibandingkan jenis lain.
Kekurangan AC Jenis Split
  • Penggunaan daya listrik untuk jenis AC split termasuk lebih boros dibandingkan dengan jenis lainnya. Apalagi bila AC terlalu sering dinyalakan dan dimatikan.
  • Perangkat AC jenis split ini di tempatkan di dinding, dan terlihat mencolok, sehingga dari segi tampilan seperti kurang pas dibandingkan jenis lainnya.

Apa saja Type dari AC Split?

Sebelum membeli, sebaiknya Anda tahu dulu bahwa ada beberapa type dari AC split ini. Sehingga Anda tidak salah dalam membeli. Agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan, dan tepat dalam memilih AC.

  • AC Type Standard: ini adalah type AC yang umum, dengan spesifikasi standard. Cepat mendinginkan ruangan, dengan penggunaan daya listrik yang lumayan besar.
  • AC Type Low Watt: Type low Watt sebenarnya hampir sama dengan yang standard, hanya saja type ini daya listriknya didisain lebih kecil. Type ini, waktu untuk mendinginkan suhu ruangan akan memakan waktu lebih lama dibandingkan dengan type standard. Type ini cocok untuk Anda yang sering menutup dan membuka ruangan, juga yang sering mematikan dan menghidupkan perangkat AC.
  • AC type Inverter: AC dengan type inverter ini, menggunakan daya listrik lebih besar dibandingkan dengan dua type diatas. Namun, untuk tarikan awal tidak memakan daya besar, karena tarikan dayanya akan naik secara perlahan. Type ini dapat menurunkan suhu ruangan lebih cepat, karena type ini memiliki teknologi sensor suhu otomatis.

b. Jenis AC Window

AC jenis window ini merupakan salah satu jenis yang lama “jadul”. Sudah sangat jarang ditemukan lagi di zaman sekarang ini. AC ini dianggap kurang efisien, karena bentuknya yang kotak dan besar. Namun tidak ada salahnya kita bahas juga keunggulan dan kekurangan dari AC jenis window ini.

ac
Keunggulan AC Jenis Window
  • AC jenis window ini merupakan jenis yang paling hemat dalam daya listrik dan perawatannya.
  • Tidak banyak memakan tempat, karena perangkat AC jenis window ini langsung ditempatkan di jendela pendinginan.
Kekurangan AC Window
  • Model AC yang sesuai dengan jendela tidak akan mudah ditemukan, karena model untuk jenis ini sangat terbatas.
  • Cahaya dan udara alami akan terhalang oleh AC jenis window ini, karena AC jenis ini di tempatkan di jendela.
  • Pemasangan AC jenis ini sangat sulit diterapkan dan merepotkan. Harus melubangi tembok dan jendela, karena AC jenis ini lumayan besar.

c. Jenis AC Cassete

AC jenis Cassete ini ditempatkan pada langit-langit, umumnya AC jenis ini mudah ditemukan di perkantoran atau mall-mall yang memang memiliki ruangan yang sangat luas. Untuk memasang AC jenis ini memerlukan keahlian khusus, dan memerlukan banyak tenaga mengingat posisinya di langit-langit ruangan.

ac
AC Jenis Cassete

d. Jenis AC Tower

AC jenis tower ini bentuknya besar seperti lemari, dan di letakkan di lantai, AC jenis ini memiliki roda, sehingga dapat dengan mudah dipindahkan sesuai kehendak. Sering ditemukan di acara-acara seperti pernikahan, pameran, dan lain-lain.

ac
AC Jenis tower

Penutup

Untuk warga Bandung dan sekitarnya, bila ingin Service AC, Bongkar pasang AC ataupun perbaikan AC. Silahkan hubungi Kami Cuci AC Bandung Klik Disini! atau langsung menghubungi Basistekno AC dengan cara: Whatsapp ataupun Telepon. Dan silahkan kunjung Social media Kami disini: