Perangkat pendingin ruangan atau yang biasa disebut AC, saat ini sudah menjadi kebutuhan umum terutama di daerah-daerah yang memiliki hawa panas. Tak terkecuali di daerah-daerah yang terkenal sejuk seperti di Bandung, tetap saja memerlukan AC.

Di dalam perangkat AC terdapat filter yang berfungsi untuk menyaring udara dari kotoran, bakteri, jamur dan berbagai parasit lain yang mungkin terangkut melalui udara. Maka dari itu, jika filter ini kotor, maka fungsi dan kualitas udara akan menurun yang akhirnya dapat memberikan pengaruh yang tidak baik bagi kesehatan.

Filter AC yang kotor dapat menjadi tempat berkumpulnya bakteri dan jamur yang akhirnya dapat memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan. Bayangkan bila tanpa kita sadari terus-terusan menghirup udara dari AC yang kotor yang penuh dengan bakteri, sudah pasti akan berdampak pada kesehatan.

Dari itu mulai sekarang yuk rutinkan Cuci AC minimal 3 bulan sekali untuk mencegah berbagai dampak buruk bagi kesehatan bahkan bisa berdampak pada kinerja perangkat AC tersebut, yang mengakibatkan kerusakan, karat, dll. Bila tidak segera diatasi bisa jadi malah mengeluarkan dana yang lebih besar untuk memperbaiki perangkat AC tersebut.

ac

Berikut akan kami paparkan beberapa bahaya yang timbul bila membiarkan AC terus bekerja dalam keadaan kotor.

a. Gangguan Saluran Pernapasan

Bakteri dan jamur yang mengendap di Filter AC yang kotor, bis jadi menyebabkan gangguan saluran pernapasan, terutama pada anak-anak, orang lanjut usia, dan mereka yang memiliki alergi dengan debu atau bakteri tertentu.

Jamur dan bakteri ini dapat menyalurkan berbagai mikroorganisme yang menyebabkan gangguan saluran pernapasan dan penyakit lainnya. Bulu hewan peliharaan yang menempel di filter juga dapat memperparah alergi yang akhirnya dapat mengganggu saluran pernapasan.

Sebaiknya lakukan pencucian AC secara rutin setiap 6 bulan sekali atau 3 bulan sekali bagi mereka yang memiliki hewan peliharaan atau yang sering merokok di dalam ruangan.

b. Sakit kepala

Sakit kepala ini umumnya terjadi bagi mereka yang berkegiatan dalam jangka waktu lama dalam ruangan ber-AC, seperti Karyawan kantor, SPG Mall, dan mungkin penghuni rumah yang sehari-hari selalu menyalakan AC tanpa henti.

Sakit kepala karena terlalu lama di ruangan AC ini sering disebut dengan nama sick building syndrome. Pernah dilakukan penelitian pada tahun 2004 bahwa pekerja atau karyawan yang terlalu lama dalam ruangan ber-AC akan lebih sering merasa gejala tidak enak badan dan sakit kepala.

Ruangan yang dingin dan sejuk tentu membuat nyaman siapapun, namun perlu diperhatikan bahwa jangan terlalu berlama-lama dalam ruangan ber-AC agar tubuh dapat menerima udara segar nan alami di luar ruangan. Apalagi bila filter AC tersebut kotor, Sakit kepala bukan sesuatu yang tidak mungkin menimpa kepada siapapun.

c. Suara yang Berisik dari perangkat AC

Filter AC yang kotor akan mengakibatkan kinerja perangkat AC tersebut semakin berat dalam mencapai suhu yang diinginkan. Perangkat akan menhembuskan angin yang lebih kencang sehingga menyebabkan suara angin yang berisik.

d. AC Lebih Mudah Rusak

Filter AC yang terlalu kotor akan menggangu aliran udara perangkat AC, juga akan berdampak pada kerusakan AC. Artinya, Anda harus mengeluarkan biaya lebih untuk reparasi perbaikan AC atau bahkan harus mengganti AC baru meskipun perangkat AC Anda belum mencapai batas maksimum usia penggunaanya.

Filter AC bukan saja melindungi kesehatan Anda dan anggota keluarga di rumah, tetapi juga pada unit AC secara keseluruhan. Dari itu Basis Tekno AC menawarkan perawatan berkala seperti service AC, Cuci AC, Perbaikan AC.

Penutup

Untuk warga Bandung dan sekitarnya, bila ingin Service AC, Bongkar pasang AC ataupun perbaikan AC. Silahkan hubungi Kami Servic AC Terdekat di Bandung Klik Disini! atau langsung menghubungi Basistekno AC dengan cara: Whatsapp ataupun Telepon. Dan silahkan kunjung Social media Kami disini: